Mencetak Anak Cerdas - Solusi Anak Autis, Hiperaktif dan Anak Tidak Mau Sekolah

 

 SESUAIKAH TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA - bag1

www.spesialisanak.com

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Pertumbuhan ( growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ  atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada setiap individu.
Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu ; faktor genetik / keturunan , lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

Penilaian terhadap pertumbuhan seorang anak dapat dinilai melalui pertambahan berat dan tinggi badan dan  sampai anak berusia 2 tahun masih dapat digunakan penilaian melalui lingkar kepala yang biasanya dibandingkan dengan usia anak. Beberapa cara penilaian melalui  pemeriksaan fisik atau klinikal , pemeriksaan antropometri ( membandingkan tinggi badan terhadap umur, berat badan terhadap umur, lingkaran kepala terhadap umur, lingkar lengan atas terhadap umur ) , contohnya  KMS (kartu menuju sehat ) yang membandingkan berat badan terhadap umur , pemeriksaan radiologis, laboratorium, dan analisa diet.

Beberapa faktor yang mempegaruhi pertumbuhan  anak :

v     Faktor heredo konstitusional ; tergantung ras, genetic, jenis kelamin dan kelainan bawaan

v     Faktor hormonal ; insulin , tiroid, hormon sex dan steroid.

v     Faktor lingkungan selama dan sesudah lahir ; gizi, trauma, sosio – ekonomi, iklim, aktivitas fisik, penyakit, dll.

Perkiraan  berat badan yang dapat mudah dilakukan dalam kilogram  adalah berat badan  waktu lahir bayi cukup bulan akan kembali pada hari ke 10.Berat badan menjadi 2 kali berat waktu lahir saat usia 5 bulan, menjadi 3 kali berat lahir saat usia satu tahun, dan menjadi 4 kali berat waktu lahir saat usia 2 tahun. Pada  masa prasekolah kenaikan berat badan rata– rata 2 kg/ tahun.

Perkiraan tinggi badan dapat pula dilakukan  dalam sentimeter yaitu  usia 1 tahun 1,5 kali tinggi badan lahir, usia 4 tahun 2 kali tinggi badan lahir, 6 tahun 1,5 kali tinggi badan 1 tahun,.

Kita dapat pula mePrediksikan tinggi akhir anak sesuai potensi genetic berdasarkan tinggi badan orang tua dengan asumsi bahwa semuanya tumbuh optimal sesuai potensinya. Rumus yang digunakan ;

 

TB anak perempuan = ( TB ayah – 13 cm ) + TB ibu   

                                    _________________________       ± 8,5 cm

                                                             2 

TB anak laki-laki   = ( TB ibu +13 cm ) + TB ayah

                                 __________________________         ± 8,5 cm

                                                             2


© Dr. SuriViana -www.spesialisanak.com

Artikel yang berhubungan:

 

Sesuaikan tumbuh kembang anak - bag 2


Gangguan Bicara Pada Anak, autisme?

 

© Hak cipta pada www.spesialisanak.com.  Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.  Dilarang menyalin, mempublikasikan, meng-copy isi situs tanpa seizin Infoibu.com. Infoibu.com tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan informasi bila dipublikasikan diluar Infoibu.com.  www.spesialisanak.com memberikan panduan informasi kesehatan keluarga anda, yang semata sebagai penyebaran informasi dan edukasi, yang tidak merupakan dasar diagnosa, pengobatan dan perawatan.  Tetaplah berkonsultasi kepada dokter anda untuk menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan. Pemakaian Informasi di situs ini diluar tanggung jawab penerbit www.spesialisanak.com.

 

Solusi Masalah Anak

Buka Aura Pengasihan

Anak Tidak Mau Sekolah?

Sejarah & Ajaran Sunan Kalijaga