Kapsul Buka Aura

 

Index Seminar 2001 Seminar 2002 Kursus Laser 2003  NEXT 6-7 DEC 2003

Seminar & Lokakarya

“Perkembangan Terakhir Bedah Kulit Kosmetik”

Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, 16 Juni 2001

Penyelenggara: Kelompok Studi Bedah Kulit Indonesia (KSBKI) PERDOSKI  (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia)  bekerjasama dengan Jakarta Skin Center

 

WEWENANG DAN TANGGUNG-JAWAB DOKTER

PADA TINDAKAN BEDAH KULIT KOSMETIK

Budi Sampurna

 KEDOKTERAN SEBAGAI PROFESI YANG KHAS

Pada dasarnya suatu profesi memiliki 3 syarat utama, yaitu : diperoleh melalui pelatihan yang ekstensif, memiliki komponen intelektual yang bermakna dalam melakukan tugasnya, dan memberikan pelayanan yang penting kepada masyarakat. Selain itu juga memiliki 3 syarat umum, yaitu : sertifikasi, organisasi profesi, dan otonomi dalam bekerja. Pemberian sertifikasi dilakukan tidak sekali untuk selamanya, melainkan harus selalu memperoleh validasi melalui “proficiency check”. Otonomi mengakibatkan kelompok profesi ini menjadi “eksklusif” dan memerlukan self regulation dalam rangka menjaga tanggung-jawab moral dan tanggung-jawab profesinya kepada masyarakat (accountability). Mereka umumnya memiliki etika profesi dan standar profesi serta berbagai tatanan yang menunjang adanya upaya self regulation tersebut.

Profesi Kedokteran adalah contoh utama dari profesi dengan ciri-ciri tersebut di atas. Profesi kedokteran pula yang memulai mempromosikan dirinya sebagai profesi yang memiliki etika profesi dengan mengumandangkan sumpah pada awal kariernya. Profesi kedokteran juga profesi pertama yang bersumpah untuk mengabdikan dirinya bagi kemanusiaan.

 

TRANSPLANTASI RAMBUT INDIKASI, KONTRAINDIKASI DAN TEHNIK AMAN

Adityawarman, Gunawan Budisantoso, Erwin Sainan

(SMF Kulit dan Kelamin RS Persahabatan Jakarta)

Membahas mengenai indikasi, kontraindikasi dan tehnik aman transplantasi rambut dengan bius lokal, dengan hasil yang pasti keberhasilannya . Di presentasikan oleh dokter-dokter spesialis kulit yang paling banyak melakukan transplantasi rambut di Indonesia. Disertai laporan hasil dan foto-foto kasus.

 ABSTRAK

  • Hormon Androgen telah dibuktikan menjadi penyebab terjadinya Male Pattern Baldness (MPB), tetapi saampai saat ini para ahli masih belum bisa menjawab mengapa ini hanya terjadi pada specific areal di kulit kepala.
  • Keberhasilan transplantasi rambut didukung oleh theory of donor dominance (Orentreich), yang mengatakan bahwa kemampuan tumbuh rambut transplant tergantung pada tempat graft diambil, bukan pada tempat rambut itu ditanam.
  • Walaupun berbagai jenis alopecia dapat dilakukan transplantasi, tetapi indikasi utama adalah MPB.
  • Status kesehatan pasien menjadi kunci sukses transplantasi tetapi status mental pasien juga dapat menjadi kendala.
  • Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam tehnik transplantasi adalah karakteristik lokasi donor (warna, keriting, kepadatan, luas dan kaliber rambut), penuaian dan penyediaan donor (standard graft, minigraft, dan micrograft), pembuatan tempat resipien serta cara implantasinya.

 

 

Bedah Sedot Lemak dan Filler Lemak Autologus :

 Indikasi,Kontraindikasi dan Teknik Aman

 Edwin Djuanda

Jakarta Skin Center, Jakarta,Indonesia

Membahas mengenai sejarah liposuction di dunia, di Indonesia. Cara sedotlemak yang aman dan mencegah komlikasi yang mungkin timbul. Dilakukan oleh dokter spesialis kulit yang berpengalaman melakukan sedotlemak lebih dari 10 tahun, dengan lebih dari 1000 kasus, disertai ilustrasi gambar dan foto-foto kasus. Dibahas pula mengenai penggunaan lemak sebagai skin filler yang alamiah dan aman.

 

ABSTRAK:

Era Bedah Sedot Lemak (liposuction) dimulai oleh Fischer& Fischer di tahun 1976. Pada perkembangannya, sumbangsih dermatologis sangatlah besar terutama dengan ditemukannya teknik tumesen oleh Dr.KLEIN di tahun 1987, yang membuat liposuction menjadi sangat aman, dapat dilakukan dalam bius lokal 100% dan hasil lebih baik. Teknik teraman liposuction saat ini adalah menggunakan teknik tumesen, kanula tumpul dan membatasi cairan masuk dan jumlah lemak yang keluar.

Injeksi lemak (fat/lipo transplant/injection) merupakan suatu skin filler yang alamiah, aman, tidak alergi, banyak tersedia , tetapi tidak mudah digunakan karena harus melakukan liposuction dulu, dengan hasil yang cukup baik asalkan menggunakan prosedur atraumatis, dan  bila perlu melakukannya beberapa kali.

 

 

 

SKIN FILLER CURRENT CONCEPT

David Sudarto Oeiria, MD

Dermatologist (Jp), Skin Surgeon (Jp), Plastic Surgeon (Jp), Dermatovenereologist (Id), Consultant Dermatologic Surgeon

Jane Ratna Maitri Oeria, MD

Dermatologist (Jp), Dermatopathologist (Jp)

Klinik Dr.Ratna,

Medical & Surgical Dermatology

Cosmetic Dermatology & laser Surgery

Surabaya- Indonesia

Mengupas mengenai skin filler, bahan-bahan apa yang aman untuk digunakan sebagai skin filler saat ini, teknik menggunakannya. Juga membahas mengenai efek samping/ komplikasi bahan yang tidak aman dan teknik eradikasinya. Disertai banyak kasus dan foto-foto.

 

 Bedah Laser : Indikasi dan Teknik Aman

Aryani S. Ruswan

Bagian /SMF I.P.Kulit Kelamin FKUI/RSUP N Dr Cipto Mangunkusumo

Jakarta Skin Center, Jakarta,Indonesia

 

Membahas mengenai indikasi, kontraindikasi penggunaan bedah laser di bidang  bedah kulit kosmetik. Dilakukan oleh dokter  spesialis kulit yang mendalami bedah laser sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Disertai dengan banyak kasus-kasus yang berhasil ditangani misalnya menghilangkan tato, menghilangkan tanda lahir berwarna merah, coklat atau hitam dengan hasil yang sangat memuaskan

Mustika Cinta Pengasihan