Kumpulan Artikel Renungan Orang Islam

 


    

Articles


     


Global Indonesian Society


Koleksi Foto Anda

  
Indonesian Newspapers

English Newspapers





Artikel Terbaru





Berita Gembira

Pagi ini tanggal 29 June 2007, secara resmi kita luncurkan situs Global Indonesian Society, situs yang ber-motto: Dari Kita Untuk Kita., wadah bagi semua orang yang beribu-bahasa Indonesia, dimanapun anda berada. Silahkan klik Global Indonesian Society

Sejak kemarin 08 Agustus, situs globalindo di non-aktifkan untk sementara, karena "diserang"oleh hacker, semoga kita bisa segera kembali online...

Mulai tanggal 11 Aug, situs kita online lagi, meskipun masih dalam keadaan babak belur!,banyak icon yang belum working, galeri foto, artikel belum bisa ada foto/image dsbnya, tapi pembaca sudah bisa langsung akses ke blog anda di Friendster, Gerombolan Mas Djoko, Komuniti Kompas dll, terlebih bila anda jadikan situs GIS sebagai webrowser anda. Mari kita nikmati seadanya dulu, sambil pak Eddy, si designer membenahinya.

No Place Like Home

No place like home, apa betul? Saya butuh lebih dari 10 tahun tinggal di Australia untuk bisa mengertinya. Dalam kurun waktu itu secara tak sadar saya selalu menggunakan kata pulang bila travel ke Indonesia. Saya kangen makan mie tek tek didepan rumah ortu, kangen makan gudeg Kranggan Jogya, jalan jalan di Malioboro, ketemu teman teman semasa kecil dsb dsbnya. Inilah suasana rumah saya dulu, kenangan manis yang tak mungkin terlupakan. Akibatnya saya sering home sick bila sampai beberapa tahun tidak pulang ke Indonesia, perasaan seperti kurang sesuatu atau sepertinya ada sesuatu yang missing.

Penemuan Kuburan Jesus Dan Archeo-pornografi

The alleged tomb was discovered in Talpiot, Jerusalem, some 27 years ago and contained six limestone boxes that had inscriptions of notable New Testament names. The captions read “Jesus son of Joseph," "Maria” (Mary), "Mariamene e Mara” (Mary Magdalene), "Matthew," "Yose (Joseph)" and "Judah son of Jesus." Eh, nanti dulu, begitu kata James Tibor si archeolog penemunya. Ada bukti ilmiahnya lho dan dari hasil pemeriksaan DNA, dipastikan bahwa memang itu kuburan keluarga besar Jesus dan istrinya Maria Magdalena. Bahkan dari hasil perhitungan statistik kemungkinannya sangat kecil, atau satu banding 10 juta bahwa itu bukan ossuaries keluarga Jesus. "Tests prove the names are genetically of the same family and statistically, there is a one in 10 million chance this is a family other than the Holy Family," noted the pre-publication publicity for the book, “The Jesus Family Tomb,” co-written by Simcha Jacobovici and Dr. Charles Pellegrino.

Shopping Lewat Internet

Wah senengnya bukan main, rasanya kayak dapet hadiah dari sinterklas, inilah reward yang banyak dirasakanan oleh mereka yang beli barang dari internet, my dream becomes true, begitu rasa gembira saya waktu camera Olympus E510 yang saya beli diantar pak pos kerumah. “Apakah aman, beli sesuatu lewat internet”, begitu tanya salah satu temen saya. “Apa tidak takut kalau nanti ternyata credit card-mu disalah gunakan atau dibajak oleh hacker?”, begitu kejar si temen dan banyak lagi pertanyaan tentang safe atau tidaknya belanja lewat internet. Sejauh pengalaman keluarga kami, jawab saya, tak perlu takut belanja lewat internet, asal tehnologi situs si penjual dilengkapi dengan encryption text/ security, bila disebelah kanan bawah window ada gambar padlock/ gembok waktu anda disuruh memasukkan nomer credit card dan detail data lainnya.

No Arms, No Legs, No Worries

“No Arms, No Legs, No Worries!", begitu tulis Nick Vujicic di situs pribadinya klik Nick Vujicic, wah wah… yang bilang ini pemuda penyandang cacat bawaan, umur 22 tahun yang tak punya tangan dan kaki lho. Dia ini memang hebat sekali, dalam salah satu kesaksiannya di Crystal Catherdal, California dia bilang “Do you think, that no limbs is disability?”, yang segera dijawabnya sendiri, “No, the biggest disability is fear and guilt!”. Pinter sekali karena memang fear, guilt, hatred, jealousy dan banyak lagi emosi negatif adalah ekspresi dari orang yang powerlessness, tak berdaya atau orang disable menurut Nick.

Goodbye My Love

Phenomena psychologis inilah yang sering dipakai oleh para celebrities, agar supaya tetap ngetop/ terkenal dia harus pinter bermain hide and seek , main ngumpet- umpetan, pamit/ pura pura ngilang, jangan terlalu mudah/ sering muncul didepan umum, apalagi sampai mau kenal secara pribadi dengan fans-nya, kalau tidak percaya coba anda tanya Michael Jackson, penyanyi yang kena getahnya gara gara sering kenal pribadi dengan beberapa fans ciliknya. Sir A Connan Doyle dengan cerita dekektif bersambung Sherlock Homesnya, lalu yang terahir Joanne K Rowling dengan cerita bersambungnya Harry Potter( di issue-kan dalam bukunya yang akan terbit, si tokoh Harry akan mati )

Kalau dipikir lebih dalam, phenomena ini adalah essensi dari hukum alam, hukum yang dikuasai oleh demensi waktu/ time, ciri khas dari MEST Universe (Mass, Energy, Space and Time). Klik Bercengkrama Dengan Paradoks Dari keempat unsur ini, factor time ternyata yang paling sukar dikontrol, dan sekaligus jadi ciri khas dari kebanyakan orang yang sukses hidupnya, mereka sukses karena kepandaiannya mengatur waktu!, hanya orang sukses yang bisa mengatur 24 jam ini sesuai dengan yang diinginkannya.

Bulan Berdarah

Most people have enjoyed the sight of a big bright full moon which can be seen every four weeks but the full moon yesterday night August 28 was to be something quite different, a lunar eclipse occured.

Baru pertama kali ini saya berhasil memotret gerhana bulan, ini gara gara saya punya camera Olympus E510 Digital SLR yang saya beli liwat internet beberapa minggu yang lalu.

Sedangkan kelemahan konventional kamera terutama bagi orang awam seperti saya, adalah bila setting parameternya kurang tepat/ salah, hasilnya baru akan ketahuan setelah kita cuci/ develop fotonya, dan tidak sempat dikoreksi lagi, harus tunggu 4 tahun lagi, he, he he…

Sangat jelas kelebihan kamera digital terutama bila kita ingin memotret sesuatu yang agak sukar baik posisi maupun kondisinya. Meskipun fotografi adalah salah satu hobby saya, tetapi memotret gerhana bulan tidaklah mudah, selain harus menggunakan tripod, juga butuh knowledege/ theori memotet, terutama beda antara penggunaan parameter Aperture Priority Shooting dan Shutter Priority Shooting, belum lagi ngeset parameter Exposure compensation, Spot centering, Noise reduction, ISO dsbnya. Semuanay harus siap dulu dengan pertimbangan, kita tidak bisa ngeset parameternya mendadak, dengan coba ini itu, khan lokasi memotretnya diluar rumah, tengah malam/ gelap.

Sakit Sakiiiit

Untung dokter jaga segera menangani sang yayang. Sambil mengacungkan jarinya yang berdarah si istri setengah nangis bilang kedokternya, sakit, sakit. Sang dokter yang kebetulan orang India, geleng geleng kepala. Sedang Christine langsung menarik tangan si yayang dan berbisik (agak keras juga) you're rude, mum , berkali kali. Wah , wah berabe nih, batin saya, mis-communication…Kata sakit ternyata disalah artikan oleh si anak sebagai suck it, si dokter disuruh nyedot jari yayangku! , makanya si dokter langsungan geleng geleng kepala, enggak mau…. ha, ha, ha…

There Is No Such Thing As A Free Lunch

Istilah orang tua minta gratis, minta sokongan uang atau jenis previlage / keistimewaan lainnya. Attitude minta minta atau mau ikut bila dapat gratisan dan lain sejenisnya tidak berlaku dikeluarga kami. If you want it, you have to make an effort to get it!. , itu didikan kami sejak mereka masih kanak kanak. Mereka tahu betul apa artinya, klik There Is No Such Thing As A Free Lunch Sesuatu yang gratisan pasti ada udang dibalik batunya, begitu pula bantuan dari negara asing bila gratisan, pasti ada hidden agenda-nya, yang sering malahan merugikan negara penerima bantuan.

Pegawai Negeri Di Australia

Rasa bangga adalah salah satu dari ekspresi sense of belonging dan hanya bisa dirasakan oleh seseorang yang sadar bahwa life is a journey dan keberhasilan mencapai sesuatu yang direncanakan dengan cermat ini hanya sebagai a temporary reward saja, dan tidak lebih dari suatu titik kulminasi dalam proses perjalanan hidupnya. Rasa bangga menjadi barang yang langka bagi manusia yang hidup dinegara negara yang sistim pemerintahannya amburadul dengan segala ketidakpastian dalam segala bidang, negeri dimana berlaku pepatah yang jujur ajur Akibatnya, kebanyakan orang malu dan takut menceritakan keberhasilannya ( terlebih bila materi) kepada orang lain dan kalaupun berani kesannya jadi saru, pamer kekayaan dan sombong. (wong dapatnya harta kebanyakan dari kkn, koq bangga. Perpektif ini yang sering mengaburkan beda antara bangga dan sombong. Negeri akan maju, bila bangsa itu punya rasa bangga akan negerinya. Dan ini hanya bisa, bila setiap orang punya rasa bangga juga akan dirinya dan ini baru bisa timbul bila didasari oleh kejujuran.

Kumpul Kebo(1)

Sepuluh tahun yang lalu, saya ajak ketiga anak berkunjung ke keliling komplek Mangkunegaran, selain bangga cerita tentang kebun didepan istana yang nota bene tidak sebagus dulu bahkan terkesan agak terbengkalai, juga sempat ke museum istana. Ketiga anak sempat terkagum kagum melihat segala macam pusaka kraton, si guide fasih sekali bahasa Inggrisnya, segala pertanyan anak anak saya dijawabnya dengan sabar bahkan sering ditambahin dengan cerita cerita lucu dibelakang obyek benda yang dipamerkan. Satu benda kuno yang ketiga anak sempat terheran heran adalah cawat besi yang harus dipakai oleh para puteri kraton kalau si suami lagi bertugas luar!, bahkan lengkap dengan gembok plus kuncinya lho… wah wah wah… Inilah akibatnya, kalau istri hanya diperlakukan sebagai salah satu harta kekayaan sang suami saja.

Apa Artinya Kemerdekaan, Bila...

Kalau bisa diibaratkan seperti seorang yang berdiri ditengah simpang jalan, freedom adalah orang bebas memilih mau jalan kekiri, kekanan, lurus atau kemana saja, terserah dia sendiri. Jadi sebetulnya freedom itu hanya suatu ide dalam pikiran anda sendiri, freedom hanya suatu potential energy yang harus diubah menjadi ‘kinetic energy’ supaya ada gunanya, jadi freedom harus diisi oleh kreativitas orang itu sendiri, seperti yang ditulis oleh Greg Levoy dalam bukunya Callings, Finding and Following an Authentic, tulisnya; Life.Freedom is just an illusion, an idea in the mind. If you are at a crossroads, with paths going off in all directions, you have, in theory, great freedom. Until you actually make a choice, freedom is only potential energy, energy in abeyance, in waiting.

You Only Live Once

One life for yourself and one for your dreams, begitu tulis Nancy Sinatra, dalam lyric lagunya, You only live twice, yang sempat sangat terkenal disekitar tahun awal 70-an setelah dipakai jadi salah satu judul dalam serial film James Bond yang diperankan oleh Sean Connery.

Kalau dipikir lebih dalam, iya memang ada betulnya, bagaimana tidak, hampir separoh dari hidup kita khan dipakai untuk tidur! Dan sebagian besar tidur itu diisi dengan mimpi. Meskipun waktu bangun dipagi hari, kebanykan kita lupa semalam mimpi apa, tapi sebenarnya mimpi itu masih disimpan dalam memory kita, buktinya de ja vu, itu khan salah satu ekspresi dari mimpi kita sendiri. Klik de ja vu




Katak Dalam Tempurung

Perilaku yang serba conditioned ini jelas sekali terlihat waktu saya mancing ikan di danau dekat rumah. Saya akan dapat ikan bila saya bisa memenuhi segala persyaratan ( condition) si ikan,dari waktu/ kapan/ lokasi, cuaca, jenis kail, umpan dsb dsbnya, inipun masih belum menjamin seratus persen kalau si ikan mau mencaplok umpan yang dicantolkan di mata kail. Tak heran lalu banyak orang yang hobinya memancing, bukan karena ikannya ( di Ausie bahkan ikannya dilepas lagi), tapi karena tantangannya, challenging. Ingat nama pesawat ulang-alik the Challenger

Multiple Myeloma

Multiple myeloma is the most common primary neoplasm of the skeletal system. The disease is a malignancy of plasma cells. Radiologically, multiple destructive lesions of the skeleton as well as severe demineralization characterize multiple myeloma. The etiology is the monoclonal proliferation of B cells, with a resultant increase of a single immunoglobulin and its fragments in the serum and urine. Electrophoretic analysis shows increased levels of immunoglobulins in the blood and light chains (Bence-Jones protein) in the urine

Sepak Terjang Kuda Troyan

Cerita tentang kuda troyan, pertama kali saya dengar waktu masih di SR (sekarang SD) kelas 4, begitu menariknya cerita si guru waktu itu, hingga sampai sekarangpun saya masih ingat, padahal sudah lebih dari setengah abad yang lalu!. Mungkin inilah (secara tak sadar) yang menyebabkan sejak kecil saya bercita cita one day mau keliling Turkey dan lihat reruntuhan kota Troy. The battlefield of the Trojan War is in the Turkish city "Troy" near Dardanelles.

Do You Still Love Me?

Dikutip dari milis Nova Sutrisna.
Dear Rekan sekalian,
Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah tahu bahwa hukum di Indonesia ini benar2 BIADAB. Bayangkan, semua bisa dibeli dengan UANG....Kemarin tanggal 29 Juli 2007, saya ingin menjenguk teman saya yang katanya sudah 2 bulan ini masuk penjara karena NARKOBA. Waktu bertemu dengan dia, kondisinya sangat berubah. Badannya kurus sekali, matanya merah, dan yang lebih tragis lagi dia seperti orang kelaparan.



Bom Hiroshima Nagasaki

Beberapa hari yang lalu, saya sempat lihat film dukomenter nya di Foxtel, sungguh mengerikan, lebih dari 150 ribu manusia mati baik sebagai akibat langsung maupun tak langsung/ radiasi dari bom nuklir ini. Bisa dibayangkan bila sampai bom nuklir dipakai sebagai alat perang lagi, kota Jakarta, Tokyo, Bangkok atau kota besar lainnya hanya butuh satu bom saja untuk dibikin habis rata dengan tanah karena kekuatan bom nuklir sekarang ribuan kali dari the little boy dan the fat man




Tua Sejak Muda

Bagaimana tidak, saya dipanggil oom sejak umur 9 tahun! Koq bisa, begitu kejar kebanyakan pembaca. Lho, wong saya anak paling buncit/ ragil dari ke enam saudara, punya 5 kakak yang 4, 10, 12, 14 dan 16 lebih tua dari saya. Jadi waktu kakak nomer satu punya anak saya baru umur 9 tahun.

Anehnya, sejak umur 11 tahun rambut saya mulai memutih!, mungkin karena terlalu sering dipanggil si oom oleh para keponakan dan juga temen temen saya… he he he…Apa ini yang disebut sebagai mind game atau the power of (suggestion) mind ?

Jadi Liveransir Di Negeri Orang

Untung sekali bagi anda yang tinggal di Amerika, Australia dan negara negara maju lainnya, karena sampai sekarang prevention, follow-up dan perawatan AID, HIV dan HIV disease dilakukan dengan cermat sesuai dengan kemajuan tehnologi pencegahan dan pengobatan dalam bidang ini.

Soto Pak Salam

Hi Oom, Ini foto soto Pak Salam yang di Gang Aut – Bogor. Tempatnya kecil kata penjualnya tdk mau diperbesar biar kelihatan selalu ramai. Tendanya paling muat max 10 orang..Jam 17.00 saya di sana antri sekitar 45 menit untuk dapat tempat duduk dan pesanan.Jam 18.00 saya selesai makan semua dagangannya sdh hampir habis semua padahal waktu saya datang masih banyak lho. Jualannya juga Cuma sekitar 2 jam langsung tutup, begitu bunyi email dari Shinta kemarin.

Lha gara gara dichatting, kita ngobrol tentang makanan enak, eh koq ahirnya sampai nyingung sotonya Pak Salam. Inilah manfaat dari chatting, para youGISthira dari seluruh dunia bisa langsung dapat respons (ham[pir) instant, komunikasi jadi menarik/ asyik dan tidak formal, tidak ada yang mengedit/ sensor dan tidak ada moderatornya.

Sense Of Belonging

Satu demi satu ranting ranting kering diambilnya, begitu olah raga paginya si Michael Collington, manager hotel Orchid Palace yang sekarang jadi Mal Anggrek, Slipi. Michael ini saya kenal baik, karena kebetulan saya jadi house doctor dari hotel itu, hotel yang dikelola oleh joint venture dengan Hongkong,- Mr Chew cs. Dikomplek inilah dulu presiden Soekarno ditahan rumah sampai ahir hayatnya.

Tak habis pikir, wong bule Inggris digaji mahal sekali koq mau maunya membantu kerjaan tukang kebun, begitu tak habis pikir saya waktu itu. Beberapa tahun yang lalu saya sempat kontak dengannya lagi, surprise sekali, si Michael ini sekarang punya hotel chain sendiri, multi milyuner di Inggris!!. Saya baru sadar, bahwa kunci keberhasilan bisnisnya hanya satu kata saja sense of belonging. Itu lho, ngambilin daun kering dikebun yang luas sekali di depan hotel!, meskipun hotel itu bukan punyanya tapi attitude sense of belonging inilah yang menjadikan dia kaya raya!!!.


Money Money Money

This is a money angel
Pass it to 6 of your good friends, or family and be rich in 4 Days.
Pass it to 12 of your good friends or family and be rich in 2 Days.
I am not joking. You will find an unexpected windfall. If you delete it, you will never know!

Situs ini financially seratus persen donasi dari Saputra, Canberra dan GIS tidak membutuhkan donasi uang dari siapapun. Tapi seberapa baiknya informasi di situs ini tergantung dari sumbangan artikel, komentar, saran dsbnya dari anda/ pengunjung situs ini sendiri

East And West(3)

Para ahli anthroplogi sudah (hampir) sepakat bahwa asal usul manusia modern itu dari Afrika, silahkan artikel Robby T Tan yang disarikan dari buku The Journey of Man, A genetic Odyssey. Klik The Journey Of Man

Kalau memang dulu dulunya manusia itu berasal dari satu tempat, Afrika maka pasti ada sisa sisa bukti kebudayaan/ peradaban yang mendukung theori ini. Di suatu acara TV Foxtel beberapa minggu yang lalu, diceritakan suatu ekspedisi yang khusus membandingkan peninggalan lukisan lukisan dinding/ batu yang terdapat di Afrika, Eropa, Asia, Australia dan Amerika.

Seeker Believer And Achiver(1)

Ternyata anak anak aleman menjadi makin malas dan jadi ketinggalan dalam pelajaran disekolah. Gairah untuk mempelajari sesuatu yang baru dan memecahkan soal soal mathematik jadi memudar akibat dari terlalu banyak mendapat pujian. Anak malah jadi dihinggapi rasa takut salah sehingga tidak dapat pujian kalau memecahkan soal mathematik yang sulit. Ortu yang terlalu sering memuji si anak, Oh…you are really smart malah membuat si anak jadi malas!, tulis psychologist, Carol Dweck "You're really smart!" Psychologist Carol Dweck says that praising a child for being smart only teaches the kid to avoid any effort that might fail. Klik Praising a Child

Yayangku Sakit Apa

Yang paling penting, sebetulnya bukan sakitnya apa, tapi bagaimana follow upnya supaya tidak terjadi lagi dan cara pencegahannya agar tidak terjadi komplikasi. Saya bisa menduga, umur yayang prabu ini sekitar menjelang menopause dimana di usia ini terjadi kegoncangan keseimbangan hormonal , yang secara tak langsung juga mengakibatkan metabolisme purine terganggu.

Sehingga tidak heran naiknya asam urat plasma karena factor hereditair (terbanyak)Specific causes include the following purine enzyme defects, which lead to overproduction and increased urinary uric acid concentration:HGPRT deficiency , PRPP synthetase overactivity and Glucose-6-phosphatase deficiency terjadi di usia menopause sedang dilaki laki di usia yang jauh lebih muda

An Apple A Day Keeps The Doctors Away

Kalimat yang masih sering terdengar ini, ternyata sudah sangat popular sejak abad 19, One of the most popular quotations of the 19th Century was "An apple a day keeps the doctor away.,
Klik An apple a day

Dan ternyata nasehat nenek itu betul sekali, tidak saja apple baik sekaai untuk menjaga kesehatan kita, tapi juga terbukti apple sangat berguna untuk melawan cancer. Apples have already been linked to potential health benefits ranging from reduced risk of lung cancer to lower cholesterol. But now scientists have proof that eating apples can also help fight cancer. Klik Apple and anti cancer.

Apa hanya terbatas untuk apple saja?,jawabnya: Tidak, tapi ternyata semua jenis buah buahan dan sayuran sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita sehingga tidak heran Robert Frost/ si pengarang puisi, An apple a day keeps the doctor away rada kaget juga. the name "apple" symbolized all fruits and was at one time bestowed upon melons, avocados, cashews, cherimoyas, dates, eggplants, lemons, oranges, peaches, pineapples, pine nuts, pomegranates, potatoes, quinces, and tomatoes. Poet Robert Frost found this rather amusing and penned this

Amsterdam Dari Balik Kaca Mataku

Jesse and I spent the weekend in Amsterdam and had fun seeing the sights by push bike. Amsterdam is made for travelling around on bikes - flat cycle lanes and traffic lights especially for bikes all through town.

Darah Muda(2)

Body, mind dan spirit adalah bagian yang integrated, tidak bisa di pisah pisahkan selama kita hidup di dunia ini. Love is spirit and human love survives death, begitu tulis Deepak Chopra dalam bukunya yang berjudul The Path To Love. Jadi anda yang percaya akan life after death maka spirit adalah bagian yang timeless.

East And West(2)

Sebagai orang awam, pengetahuan saya tentang agama Hindu sangatlah dangkal, saya dulunya mengira Hinduism dan Budhism itu meletakkan Karmic Law/ hukum karma sebagai fondasinya, eh ternyata sama dengan agama agama lainnya. Love is the foundation of any religion, jadi begitulah reality-nya.

East And West(1)

Dance du ventre, begitu orang Perancis menyebutnya. Gobek dans, tak kalah orang Turkey bilang. Oh…tari perut , kalo ini sih memang sexy banget, itu lho ..goyang pinggulnya, wudelnya kelihatan lagi…Oriental dance is uniquely designed for the female body, with an emphasis on abdominal muscles, hip moves, and chest moves. It is firm and earthy, traditionally with bare feet connected to the ground. It is a dance characterized by smooth, flowing, complex, and sensual movements of the torso, alternated with shaking and shimmy type moves.

Dunia Yang Kacau

Salah satu contoh bahwa banyak perilaku alam yang random dan irregular ini tidaklah heran bila masih sukar diprediksi oleh manusia. Gempa bumi, musim, gunung meletus, angin ribut dan banyak banyak lagi kejadian alam lainnya, hanya baru bisa diperkirakan kapan dan dimana terjadinya, belum bisa seratus persen ketepatannya.

Dari kata kunci random occurances inilah manusia membuat semua peralatan (transducer) untuk mendeteksi sifat alam, misalnya kamera berdasarkan sifat sinar, Geiger counter sifat radioaktif, , microphone sifat gelombang suara dsbnya. Pancaran gelombang dari zat radioaktif yang selintas random occurances, bila dibuat statistic ternyata mempunyai pattern tertentu, tergantung dari jenis zat/ radioisotopnya

Oh Cinta(2)

Kebanyakan manusia merasa bangga bila dirinya dianggap orang sibuk, saya masih ingat waktu jamannya masih kuliah di Jogya, kalau pesta Dies Natalis, pertandingan olah raga dan kegiatan kampus lainnya, kita tidak pernah kesulitan untuk mencari teman yang mau dijadikan bagian seksi sibuk. Jenis manusia yang bisanya mondir mandir kesana kemari tapi tidak ada hasilnya, tidak ada fungsinya.Wah sibuk sekali, tidak punya waktu untuk….., begitu selalu jawabnya

Play Well With Yourself

Bingung, linglung, begitu rasanya waktu bulan bulan pertama kami sekeluarga tinggal di Australia. Aneh, bagaimana tidak, kalau semua orang bule koq kelihatannya rupa/ mukanya sama semua, sehingga sering lupa bahwa orang yang baru ketemu hari itu sebelumnya pernah ketemu, abis sepertinya mukanya sama semua….he he he….

Dari Balik Kaca Mataku(2)

“Wah, foto ceweknya koq kabur……, jangan jangan aku harus pake kacamata baca nih.” Begitu mungkin kebanyakan reaksi anda waktu pertama kali melihat foto ini, he he he…. Inilah yang namanya digital illusion, dengan algorithm khusus image bisa dibuat berlapis lapis (layers), bila layer pertama , kedua dan selanjutnya (mungkin ratusan layers) diletakkan sedikit tergeser maka effeknya secara keseluruhan akan terlihat foto jadi kabur out of focus.






Hidupnya Dijauhi Rezeki

Kebanyakan manusia modern hanya mengunakan kemampuan mindnya untuk mencapai tujuan/ cita citanya, silahkan baca Mind Power Dan hanya sedikit yang bisa menggunakan spiritul powernya, bahkan banyak juga manusia yang tidak sadar bahwa dia itu punya spirit. Spirit can only be called on when it is real, and it can only be real if it is real for you!. , dengan alasan bahwa keberadaan spirit tidak (bakalan) bisa dibuktikan secara ilmiah.

Sate Kambing Ala Saputra

Mungkin banyak pembaca yang tinggal di luar negeri setuju bahwa sering kita kangen makanan / masakan Indonesia tapi wah repotnya bukan main, sebab selain membuatnya repot juga habis itu membersihkan alat alat dapurnya juga berabe, maklum tidak ada pembantu RT, jadi segala sesuatunya harus kita kerjakan sendiri. Lebih segen lagi, kebanyakan dari kita masih single, atau hanya berdua saja dengan istri/ suami atau paling satu/ dua anak/ keluarga kecil saja Jadi dari segi repotnya tidak sebanding dengan hasilnya!.

Interpretasi

Lyric lagu itu saja bisa mengundang 8 alternatif interpretasi dari para penggemarnya. Lebih hebat lagi, ada 50 interpretasi untuk lagu the Beatles yang ini Lucy in the Sky With Diamonds Song Meanings


Agama Terbaik(2)

Didepan mimbar macam ini saya harus extra hati2 bicaranya, kalau tidak pasti akan di-sorakin dan disuruh turun (mimbar). Lain sekali dengan bicara didepan orang Indonesia (persis seperti kebanyakan dari pembaca situs ini) , kebanyakan dari pembaca adalah theists paling tidak termasuk deists

I believe that God exist (deism), I believe that there is love….. and love is the basic common ground of any religion.

Jadi kesimpulannya, Kalau anda tidak ingin termasuk golongan mini-minoritas, ya sebaiknya jangan jadi Atheis, pasti hidupnya akan susah karena banyak sekali musuhnya....he he hee...

Dibalik Situs GIS(1)

Situs GIS (yang design-nya dalam bahasa Indonesia) tidak akan pernah ada, bila saya tidak (trust) mau bayar full in advance/ sebelumnya. Dimana trust adalah hasil langsung dari truthworthy/ kejujuran, yang jadi factor nomer satu dalam kesuksesan hidup (termasuk bisnis), klik Kunci Keberhasilan

Trust (begitu pula kejujuran) harus dimulai dari pihak saya dulu, baru kemudian orang lain akan mengikutinya (saya tahu Bali Intermedia/ Eddy hanya lewat search internet 3 bulan yang lalu), mereka akan me-respons balik dengan trust juga. Buktinya, pembayaran webhosting dan domain registrasi boleh dilakukan setelah webnya online! Saya baru transfer uang ke Bali pagi ini

Kuda Atau Katak?

Tergantung dari sudut mana anda memandangnya. Makanya itu, Salah atau Betul itu khan relatif? Ini buktinya, silahkan klik.







Regional Chemotherapy

Tehnologi kedokteran makin hari makin canggih, dalam bidang pengobatan cancer, Prof Aigner menjadi perintis dalam Regional Chemotherapy, karena pentingnya informasi ini silahkan copy&paste kemudian back-up di print dan disimpan, siapa tahu anda, keluarga atau teman pada suatu hari memerlukan informasinya.

This method of treatment is highly beneficial to our parents Most patient tolerate this treatment particulary well, The quality of life is rarely negatively affected,and sometimes even improved. Under normal circumstances, our patients do not suffer from nausea at any stage of their treatment.
tambahan info: klikRegional Chemotherapy gives hope
dan klik medizinisches Dienstleistungszentrum an der Salzach(medias)

Telur Atau Ayam

Tapi anehnya, mayoritas rakyat Amerika ini menolak usaha usaha pihak kelompok agama untuk tidak mengajarkan theori evolusi Darwin disekolah sekolah pemerintah.
Americans do not believe that humans evolved, and the vast majority says that even if they evolved, God guided the process. Just 13 percent say that God was not involved. But most would not substitute the teaching of creationism for the teaching of evolution in public schools. Rakyat Amerika rupa rupanya sudah cukup matang untuk membedakan mana yang termasuk faith, dan mana yang science. Dan faith ( above intelligence) tidak membutuhkan bukti ilmiah, tinggal mutlak percaya, apa tidak, full stop. Klik Paskah(2)

Forgiveness

Dokter yang merawat saya sangat heran dia bertanya "Suster minum obat apa selama ini?" Saya jawab kalau tidak minum apa2, saya balik bertanya ada apa dokter? Dr menjawab dari hasil pemeriksaan baik darah maupun USG semuanya NEGATIVE. Langsung saya jawab obatnya ialah PENGAMPUNAN. Dr heran dan bertanya apa maksud suster? Saya ceritakan semuanya, kemudian Dr berkata wah kalau begitu kepada pasien2 saya yang menderita kanker, saya akan bertanya apakah Anda punya perasaan dendam atau benci terhadap seseorang. Kalau jawabannya YA, saya akan suruh berdamai dan memberikan pengampunan seperti suster, sambil ter-tawa2 si dokter menepuk pundak saya........ .

Sebagai tambahan informasi,

Two facts about the psychology of forgiveness: if you cannot let go of your desire for vengeance, you will never find true healing, and you can never be truly healed if you try to force someone else to pay for the cost of your healing.
Silahkan klik Psychology of Forgiveness dan Ampunilah Kesalahan Kami, Seperti....

Peran Tionghoa Indonesia (Part 8-habis)

Adalah kenyataan sejarah bahwa etnis Tionghoa merupakan bagian integral bangsa kita, bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Etnis Tionghoa mempunyai akar sejarah yang sangat panjang di bumi Indonesia, hampir seribu tahun lamanya. Bandingkan dengan sejarah bangsa Amerika dan Australia yang hanya beberapa ratus tahun lamanya. Budaya Tionghoa telah mengisi khasanah budaya Indonesia, baik dalam bahasa, kesenian, makanan dsbnya. Oleh karenanya seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali dengan lapang dada harus menerima keberadaan etnis Tionghoa secara utuh, apa adanya. Demikian juga seluruh etnis Tionghoa harus menempatkan dirinya tanpa reserve sebagai bagian integral bangsa Indonesia.

The Journey Of Man

Singkatnya, karena perubahan cuaca global, daratan afrika yg sebelum savanah yg nyaman dihuni oleh sekolompok kecil manusia-manusia awal, berubah menjadi padang gurun yg sulit untuk dihuni dan untuk cari makan. Sebagian dari mereka mulai bergerak, ada yg ke selatan, ada pula yg ke utara. Yg ke utara (sekitar 50,000 tahun yg lalu) menyusuri pantai afrika, ke semenanjung arab, india, sumatra, jawa dan sampai ke australia. Perlu diingat, ini adl gelombang pertama, dan waktu mereka bergerak (45,000-50,000 tahun yg lalu), benua afrika dan semenanjung arab masih terhubung, jawa-sumatra masih satu dgn benua asia, sedang papua satu dgn australia (last ice age atau late pleistocen, yg berakhir 10,000 tahun yg lalu).

Dua Restoran Tua

Hello GIS MEMBER's terhormat diseluruh muka bumi. Dalam perjalanan saya menjelajahi negara2 di kawasan Indochina saya menemukan 2 restoran sangat tua dan sempat mencoba yang mereka jual.

GIS member's di Hanoi dan Bangkok mungkin bisa nambahi info saya ini. Silahkan tanya kalau perlu info tambahan. Bukan maksud saya mau sombong2an tapi supaya kalau anda lagi kesana bisa ikut merasakannya.

Komentar Saputra: Bila anda pembaca yang belum jadi member GIS silahkan mendaftar langsungan aja, salah satu keuntungan member adalah bisa langsung kirim artikel, komentar saran dsbnya.

Emperor Nasi Goreng

Bahkan fungsi internet sebagai window of knowledge jadi hilang, klikInternet Adalah Public Domain.htm pengguna Microsoft Window bisa dengan mudah melongok keluar dan menimba ilmu, begitu kata Bill Gates, penemunya. Persis seperti advertensi Bigpond broadband di Australia, waktu si kakek ditanya oleh cucunya siapa yang membangun The Great Wall, jawab si kakek asbun, Emperor Nasi Goreng, lalu waktu dikejar oleh si cucu,”Lalu gunanya untuk apa?”, “to keep the rabbits out, karena di China banyak kelinci, imbuh si kakek. Inilah akibatnya bila si kakek tidak pernah ke internet, knowledgenya jauh kalah dengan si cucu, yang bisa cerita panjang, hanya sehari setelah diberi homework project tentang the Great Wall.

Pengumuman kepada semua member dan pembaca:

Pesan khusus untuk Vitachan di Jepang.
Email yang saya kirim untuk anda mental sampai 4 kali!, mungkin baik kalau anda ganti alamat email, harap email saya secepatnya untuk testing. Thanks Oom Saputra

Email dari pembaca yang alamatnya pakai co.id banyak sekali (hampir semuanya) ter- infected oleh virus sehingga kena tangkal oleh sistim antivirus komputer saya sehingga saya tidak bisa membacanya, lebih baik ganti gmail.

Alamat email yang dari Yahoo sering nyasar masuk ke spam sehingga anda tidak/ jarang mengeceknya, dan akibatnya email saya/ GIS tak terbaca!

Peran Tionghoa Indonesia (Part 7)

Selama ini ada tiga stigma negatif yang selalu dilekatkan untuk memojokkan etnis Tionghoa. Yang pertama stigma "Pao An Tui", yang kedua stigma "Baperki/komunis" dan yang ketiga stigma "binatang ekonomi" yang tidak bermoral.

Namun puncak politik anti Tionghoa berlangsung pada masa pemerintahan Orde Baru. Pertama yang dilakukan rejim Soeharto, selaras dengan kepentingan politik Amerika Serikat dan Inggris, adalah merusak hubungan persahabatan dan diplomatik antara pemerintah Indonesia dan RRT. Kedua dengan menuduh Baperki terlibat dalam Gerakan 30 September, seluruh etnis Tionghoa secara politik dibuat tidak berdaya dengan mengeluarkan setumpuk peraturan-peraturan yang sangat diskriminatif. Ketiga memprogram etnis Tionghoa agar menjauhi wilayah politik. Yang keempat menjadikan segelintir etnis Tionghoa menjadi kroni untuk melakukan KKN agar dapat dijadikan kambing hitam apabila pada suatu saat timbul perlawanan dari rakyat.

Mind Power

Bagi anda yang mempunyai digital camera dan ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara membuat foto yang baik dsbnya, silahkan berdiskusi di forum GIS, nanti saya nimbrung.

Saya tahu, salah satu member Global Indonesian Society adalah pakar Advanced Computer Graphics/Image Manipulation Technology kelas dunia!, silahkan memperkenalkan diri dan sharing your knowledge dengan kita.

Foto kiriman dari Budi Margomulyo, Qatar

Apakah Optical Illusion itu? Perhatikan foto disebelah ini? Kalau menurut penglihatan saya, ini foto cewek cantik....., eh anda tidak percaya, silahkan pijet Ctr plus A....wa..laa.... Inilah salah satu buktinya bahwa dunia itu penuh dengan illusi,Silahkan klik Dari Balik Kaca Mataku.htm







Awas Sang Naga Gentayangan Di Rumah Anda

Bukan tidak mungkin, Indonesia pun akan jadi batu loncatan bagi ekspansi global Sang Naga. Perusahaan China yang memenangi medan pertempuran global begitu beragam.

Mulai dari teknologi tinggi yang menghasilkan X-Ray, seperti Zhongxing Medical yang berhasil memukul mundur General Electric dan Philips, HiSense yang telah menjadi pemasok terbesar dari perangkat TV di negara berkembang, hingga penghasil kereta bayi seperti Goodbaby.

Sebagai pelengkap informasi, silahkan klik Oh Tom Sawyer dan Dia Kali(2)

Merem Melek

Saya sempat terpingkel pingkel, waktu Margaret menirukan cewek yang sedang bersenggama! Wah, pasti dvd jenis begini tidak bakalan lolos sensor Indonesia, begitu batin saya. Kontras sekali, bayangkan cewek asia yang biasanya malu malu, koq goyang pinggul, merem melek sambil mulut terbuka, mimik mukanya kelihatan betulan begitu nikmatnya rasanya….he he…, hebatnya lagi, ini dihadapan ratusan penonton yang hampir seratus persen bule lho…



Diskriminasi Di Tanah Sendiri

**......bukan karena aku bangga akan kecinaanku, tapi karena aturan aneh itu mengukuhkan identitas yg tak perlu aku sembunyikan atas dasar diskriminasi dan kesewenangan berkedok nasionalisme......**

Aku tak mengerti apakah latar-belakang keturunanku yg demikian (dan juga kondisi sosialku) harus membuatku menyandang status WNA? Status WNA tidak hanya diatas kertas membuatku tercerabut dari tanah dan orang yg tidak bisa lepas dari existensi-ku sbg manusia, tapi juga menutup kemungkinan hak2x wajar yg aku bisa dapatkan selayaknya warga lain. Ayah meninggal sbg WNA, di negri yg tidak sejengkal dan sedetikpun pernah ditinggalkannya.

Sebagai pelengkap informasi, silahkan klik artikel Diskriminasi

Ingin Kaya Belajarlah Memberi

Foto dari Larry Steward, Kansas City

"Merry Christmas! This is from the Secret Santa."
He has spent 26 years handing out Christmas cheer in Kansas City in the form of $100 bills and then vanishing.
What does he get out of it?
"The joy of knowing I was able to lift somebody's spirits from one of hopelessness to one of hope," he says.
This Secret Santa is 58-year-old businessman Larry Stewart, who made millions in cable television and long-distance telephone service. He's given away more than $1 million over the years.
But this year he's gone public. One reason? To encourage others to embrace the spirit of giving "It doesn't have to be $100 bills," says Stewart. "It could be baking some cookies for the lady across the street."

..... kebiasaan ‘MEMBERI’ adalah perbuatan mulia, asal sesuai waktu dan kondisinya. Memberi juga tidak harus besar ukurannya, yg penting niat memberi yang tulus. Memberi juga tidak harus selalu berupa barang konkrit. Bisa berupa tulisan2 informatif yg mendidik seperti di KoKi, atau sekedar greeting mail ucapan selamat ulang tahun pada kerabat kita, atau bahkan juga sekedar memberikan dan menyisihkan waktu kita mendengarkan keluh kesah sahabat2 kita. Selamat mencoba! Tuhan Yang Maha Esa tau imbalan yg terbaik untuk kita.

Silahkan klik juga Life Is About Giving

Will I still be me?

Memang tidak mudah untuk menerangkan apa beda antara brain dan mind. Silahkan baca Komentar Saputra dengan klik Cuci Otak

Banyak orang yang mencoba mengumpamakannya dengan sebuah komputer dimana bagian hardware adalah brain, sedang software-nya adalah mind, makin banyak software yang di install kesitu makin canggihlah komputer itu. Dan supaya komputer tetap prima performance-nya maka software-nya harus selalu di update/ up-grade dan bila perlu di- delete file file yang tidak diperlukan lagi.

Ini ada betulnya, tapi prinsip kerja otak itu signalnya khan analog (continous) bukan digital(discrete), sehingga komputer secanggih apapun tidak bakalan bisa mengganti fungsi otak apalagi mind.

Silent Cry

Bunuh diri, fenomena yg identik dgn budaya jepang. Tentunya masih ingat dgn "kamikaze". Yg arti literalnya "god's wind", yg sangat ditakuti oleh tentara amerika di perang dunia kedua. Banyak intelektual, atau tepatnya sastrawan jepang yg juga meninggal dgn bunuh diri. Harakiri. "Hara" berarti perut, "kiri" dari asal kata "kiru" yg artinya potong. Orang jepang sendiri jarang bilang "harakiri", mereka lebih memilih kata yg formal "seppuku" (yg artinya persis sama). Memang, pada era modern jarang yg bunuh diri dgn potong perut.

Peran Tionghoa Indonesia (Part 6)

Pada tahun 1967, dengan alasan menumpas Pasukan Gerilyawan Rakyat Serawak (PGRS), pasukan militer Indonesia telah berhasil memprovokasi suku Dayak di Kalimantan Barat yang mengakibatkan terjadinya aksi-aksi pembantaian dan kekerasan terhadap etnis Tionghoa di desa-desa pedalaman. Akibatnya puluhan ribu etnis Tionghoa menjadi pengungsi di Singkawang dan Pontianak yang kemudian menyebar ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya di pulau Jawa.


Australia Surga Bagi Immigran

Menurut saya (Niki, Melbourne), Australia barangkali adalah satu2nya negara yg makmur dan surga bagi org yg berpenghasilan rendah,atau org yg ga mau kerja,disini banyak sekali tunjangan2 dari pemerintah yg nanti akan saya sebutkan.

Apakah demikian halnya?. Silahkan baca komentar Saputra diahir artikelnya.


Foto foto dari Shanghai kiriman dari Budi Margomuljo, Qatar



The Latest Internet Cafe in Shanghai. Silahkan lihat foto-foto dari Shanghai lainnya, klik Koleksi Foto Anda dan anda bisa kasih komentar atau saran langsung disitu.





Dua Dara

Jesse, Christine, Lin Yin and I headed off to Croatia for a 3 day-long weekend, flying out on our £25 ticket to Zagreb, a 2 hour flight from London to Croatia’s capital city. The cheap airfare to Zagreb we bought was actually cheaper than the cost of our cab fare from our house to the airport that morning, which was £50!

Upon arrival in Zagreb, we set off to find our accommodation that Christine had pre-booked for that night, which was a short walk away from the bus station where the airport bus had dropped us off. It was a really lovely day… a somewhat warm 30 degrees, it was nice to experience shorts-and-singlet-top weather again as we’ve not had this since we left Australia in March.


Desember Yang Putih

Buat orang jepang, shinto adl saat2x bahagia di dunia atau yg menyangkut keduniawian, buddha adl saat melepas keduniawian; gereja saat nikah hanyalah pop-culture. Lucunya juga, orang2x muda jepang ikut merayakan natal. Tapi natal buat mereka bukanlah hal religius, bukan pula bersifat keluarga. Natal identik dgn menghabiskan malam bersama pacar (di "love hotel" atau "robu hoteru") dan makan ayam goreng (terutama KFC, yg harus siap2x antri panjang kalo beli dimalam natal). Kristen setelah sekian lama melakukan penetrasi ke jepang hanya memiliki persentase 0.7%, dgn komunitas tradisional katolik terpusat di Nagasaki.


Bill Gates Akhirnya Jadi Sarjana

"I’ve been waiting more than 30 years to say this: ‘Dad, I always told you I’d come back and get my degree,’" Microsoft chair Gates said to hearty audience laughter as he began his speech.

"Humanity’s greatest advances are not in its discoveries -- but in how those discoveries are applied to reduce inequity," Gates said. He spoke of trying to find ways to develop "a more creative capitalism" that could help market forces work better for the disadvantaged. "If you believe that every life has equal value, it’s revolting to learn that some lives are seen as worth saving and others are not," he added.


Buto Ijo

Saya tidak kaget bila sebagian besar pembaca, waktu pertama kali melihat foto terlampir, mengira, bahwa ini adalah foto dari seorang gadis kecil, umur sekitar 7 tahun dan boneka kesayangannya. Memang sangat sangat tidak dinyana, it is really shocking kalau dia itu laki laki dan betulan punya penis lho!.

Kasus ini dalam bahasa medisnya disebut transgendered children dan cukup banyak jumlahnya lho, ada sekitar 4000 anak yang tersebar di Amerika, Australia, Eropa dan dilain lain tempat, sampai sampai ada support group-nya segala


Japanese Innovation

We were impressed by some of Japan’s innovations which we think accounts for the way such a large population can live and operate so efficiently within the one city. Tokyo's land area is just over 2000km²; less than double the size of Hobart - however the population of Tokyo is just over 12 million; over 3 times the size of Sydney's population!





Sakura Dari Mata Saya

Interaksi yg intens dgn orang jepang secara pribadi saya alami ketika bekerja part-time di restauran tradisional masakan jepang di tokyo dgn nama "ishi-i". Part-time ini (ketika saya masih di sekolah bahasa jepang) buat saya bukan untuk tambahan penghasilan, tapi untuk hidup. Saya berangkat dgn biaya sendiri, --dalam artian betul2x sendiri--, krn tidak ada support dari keluarga/orangtua. Lain dgn stereotype ttg etnis-cina indonesia, orangtua saya (harus saya tulis ibu saya) bukan dari golongan ekonomi atas, bukan pula dari golongan menengah. Saya berangkat ke jepang adl dari hasil kerja ketika masih kuliah s1 dan setahun sesudah lulus (kebetulan saya dapat posisi yg cukup penting shg bisa punya tabungan cukup. Cukup untuk ukuran jakarta, yg berarti hanya bisa bertahan tiga bulan di tokyo dan tidak ada tiket balik jakarta

Peran Tionghoa Indonesia (Part 5)

Walaupun dilahirkan di Indonesia, namun karena mereka dibesarkan di lingkungan yang terisolir dari penduduk setempat, mereka masih kental memelihara budaya Tionghoa dan setiap hari menggunakan bahasa Tionghoa atau dialek asal kampungnya di daratan Tiongkok. Karena kendala bahasa, mereka sulit membaurkan diri dengan penduduk di sekelilingnya. Ini terjadi dengan komunitas Tionghoa yang berasal dari Sumatera Utara, Jambi, Riau, Bangka-Bilitung dan Kalimantan Barat.


Pramoedya Ananta Toer

Semakin aku baca, semakin kagum aku pada karya-karyanya. Kreatifitas kata-kata yg dipakai, pengembangan cerita dgn karakter-karakter yg secara alami terbentuk, ketajaman kalimat, adalah beberapa alasan kekagumanku. Yg paling membuatku tercengang adl keluasan pikiran dan pengetahuan yg dimilikinya. Memang, dari 27 karya fiksi yg diterbitkan kurun waktu 1947 sampai 1997 (dan entah berapa lagi dari 1997 sampai 2006), aku baru sempat membaca tiga diantaranya yaitu "bumi manusia", "anak semua bangsa", "menggelinding 1", dan ditambah pula dua buku non-fiksi: "hoakiau di indonesia", "nyanyi sunyi seorang bisu", dan beberapa artikel lainnya.


Theism,Atheism Dan Agnosticism

Banyak orang mengira Manusia secara sadar (atau tidak sadar) tahu bahwa tidak ada yg absolute konkret yg manusia tahu ttg Tuhan. Tapi, beberapa orang tidaklah ingin membiarkan diri mereka tanpa keputusan (pure agnostic). Beberapa berpendapat: karena tidak cukup bukti penolak, apa salahnya jika menggunakan "faith" untuk tahu ttg Tuhan. Beberapa berhenti untuk percaya. Beberapa yg lain, berusaha terus untuk mencari, dgn kecenderungan percaya atau tidak percaya.








Melengkapi artikel judul Naakte Gymzaal Nunuk-Holland. Ternyata telanjang dimuka umum tidak saja di ruang gymnastik, tapi juga benar benar ditempat umum.
Foto terlampir: 400 manusia telanjang bulat berjejer disebuah gedung parkir di Amsterdam.
Photographer Spencer Tunick, USA, jadi beken karena menjadi pioner dalam masssal nude photography

Silahkan lihat beberapa karyanya, klik Massal Nude Photography**

Cuci Otak*
Peran Tionghoa Indonesia (Part 4)
Mind Your Mind*
Perjalanan Kami Di Russia(4-habis)
Gentleman Never Apologise*
Peran Tionghoa Indonesia (Part 3)
Diikat Sampai Mati*
Manusia Global(2)*
Peran Tionghoa Indonesia (Part 2)
Bibit Bobot Bebet(2)*
Er-nai And Corruption
Jadi TKW Di London*
Bibit Bobot Bebet(1)*
Terperangkap 'Diruang Kosong'
Chance, Will And Choice
The Truth Behind The Da Vinci Code(5-end)**
Perjalanan Kami Di Russia(3)
Mendambakan Syariat Islam Humanis
Peran Tionghoa Indonesia (Part 1)
Mens Sana In Corpore Sano(2)*
Oh ...Perempuan*
Time Is Money*
The Truth Behind The Da Vinci Code(4)**

Partisipasi Pembaca Sangat Dihargai Yth Pembaca yang budiman,
Bagi para pembaca yang senang menulis dan ingin ikut meramaikan situs ini, silahkan menyumbangkan artikel anda, topiknya apa saja terserah, saya tidak akan menyensornya. Sumbangan artikel harap di email ke: kiamat@bigpond.com dan kalau ada image/foto silahkan juga dikirimkan lewat email di attachment. Semoga anda semua bisa memanfaatkan fasilitas ini sebaik baiknya.

Saya sangat menghargai semua masukan/input dari anda, mari kita jadikan situs ini arena komunikasi yang bebas,sopan dan produktif bagi semua pembacanya. Supaya bisa berguna bagi pembacanya, bukankah kebebasan itu harus ada limitnya? Situs ini tidak beraffiliasi dengan agama manapun, tidak disponsori oleh partai politik tertentu, tidak bermaksud untuk mencari pengikut atau pendukung dan juga tidak bertanggung jawab terhadap isi semua artikel sumbangan dari pembaca.

Silahkan beri tahu alamat situs ini kepada teman teman anda.

Salam hangat, Saputra.




KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa
A Rat Race.htm
Pendulum | Renungan Orang Islam
Agama Terbaik(2).htm
Agama Terbaik.htm
Ah...Theori(1).htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Aku Melihat Jesus.htm
Aku Pasif Aja.htm
Aku Pernah Mati(1).htm
Aku Pernah Mati(2).htm
Aku Pernah Mati(3).htm
amaroo christmas.jpg
amaroo small.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Amartya Sen | Renungan Orang Islam
american dollar.gif
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
amsterdam dari balik kaca mataku kecil.jpg
Amsterdam Dari Balik Kaca Mataku.htm
An Apple A Day Keeps The Doctors Away.htm
anak_manis.htm
Another World Is Possible | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Apa Artinya Kemerdekaan Bila.htm
apa artinya kemerdekaan.gif
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
apartments.jpg
aquarius.jpg
articles.html
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Ausie dollar.jpg
Australia Surga Bagi Immigran.htm
australia surga.jpg
Awas Sang Naga.htm
awas sang naga01.jpg
awas sang naga02.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Pendulum | Renungan Orang Islam
Ayo Minum Kopi Dulu.htm
Ayo Pindah.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Bangsa Bingung.htm
Bangsa Selingkuh.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
baratayudha.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Hypokendria | Renungan Orang Islam
Belajar Sharing Pendapat.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Beranikah Kaum.htm
Bercengkrama Dengan Paradoks.htm
Berita Gembira.htm
berita gembira.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
besakih.jpg
Bibit Bobot Bebet(1).htm
Bibit Bobot Bebet(2).htm
bibit bobot(2).jpg
bibit bobot.jpg
Bill Gates Akhirnya Jadi Sarjana.htm
bill gates.jpg
bill gates02.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Blue_book.gif
Blue_mailbox_2.gif
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
bom dan terrorist01.jpg
Bom Hiroshima Nagasaki.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Budaya Kekerasan.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Bulan Berdarah.htm
bulan berdarah.jpg
bulan berdarah02.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Bushfire.htm
bushfire.jpg
Buto Ijo.htm
buto ijo01.jpg
buto ijo02.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Chance, Will And Choice.htm
chance, will and.jpg
chariot01.jpg
chariot02.jpg
christmas01.jpg
christmas02.jpg
christmas03.jpg
Cintailah Musuhmu.htm
cobek2.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
crazy horse.jpg
Cries Of Silence | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Cuci Otak.htm
cuci otak.jpg
da vinci.jpg
darah muda kecil.jpg
Darah Muda(2).htm
Darah Muda.htm
Dari Balik Kaca Mataku(2).htm
Dari Balik Kaca Mataku.htm
dari balik(2).jpg
Delapan Kebohongan Ibuku.htm
delapan kebohongan.jpg
Desember Yang Putih.htm
desember.jpg
Destroying the World .htm
devil tarot.jpg
devils.jpg
Dia Kali(1).htm
Dia Kali(2).htm
Diamond Hope.htm
Dibalik Situs GIS(1).htm
dibalik situs GIS(1).jpg
DICARI PEMBANTU DI LAFAYETTE  PARIS.htm
dicari pembantu sedang.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Diikat Sampai Mati.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Diplomasi.htm
Diskriminasi Di Tanah Sendiri.htm
diskriminasi di tanah sendiri.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Do You Have A Lake.htm
do you have a lake01.jpg
do you have a lake02.jpg
do you still love me.gif
Do You Still Love Me.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Dollar Amerika.htm
dollar amerika.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Dont Worry.htm
Dua Dara.htm
dua dara.jpg
dua dara01.jpg
dua dara02.jpg
dua dara03.bmp
Dua Kuda(1).htm
Dua Kuda(2).htm
Dua Kuda(3).htm
Dua Kuda(4).htm
Dua Restoran Tua.htm
dua restoran tua.jpg
Dunia Yang Kacau.htm
dunia yang kacau01.jpg
dunia yang kacau02.gif
Duniaku.htm
duniaku.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
east and west dog.jpg
East And West(1).htm
East And West(2).htm
East And West(3).htm
east and west03.jpg
east dan west01.jpg
Einstein.gif
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Emperor Nasi Goreng.htm
emperor nasi goreng.jpg
encyclopedia.jpg
Equality Equanimity.htm
Er-nai And Corruption.htm
er-nai.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Fear Junkie.htm
Feng Shui.htm
feng shui.jpg
force sebelas.gif
Forgiveness.htm
forgiveness.jpg
Foto Pesan Perdamaian.html
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Free Will.htm
from russia with love kecil.jpg
From Russia With Love.htm
Fuk Luk Shou.htm
Fundamentalism dan Fanaticism.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
gentleman misty01.jpg
gentleman misty02.jpg
Gentleman Never Apologise.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Gladiator.htm
goji.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Good Luck.htm
Goodbye My Love.htm
Guntingan Kartu.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Habis Cuci(1).htm
Habis Cuci(2).htm
Habis Cuci(3).htm
Hannibal Caesar.htm
Harapan Bangsa.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Heran!.htm
hermit.jpg
Hidup Ditengah Paradox.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Hidupnya Dijauhi Rezeki.htm
hidupnya dijauhi.jpg
Hidupnya Diliputi.htm
Hipokrit.htm
Hypokendria | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
illusi.jpg
ilusi02.jpg
Imlek 2553.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Ingatan Mega.htm
ingin  kaya belajarlah memberi.jpg
Ingin Kaya Belajarlah Memberi.htm
ingin kaya02.jpg
Internet Adalah Public Domain.htm
internet adalah.jpg
Interpretasi.htm
interpretasi.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Jadi Liveransir Di Negeri Orang.htm
jadi liveransir.jpg
Jadi TKW Di London.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Japanese Innovation.htm
japanese innovation01.jpg
japanese innovation02.jpg
japanese innovation03.jpg
jesus.jpg
job hunting kecil.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Jongos IMF.htm
Jongos Wayang.htm
Judheg.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Kalau jendral berpolitik | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Kapan Negara.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Karma.htm
Katak Dalam Tempurung.htm
katak dalam tempurung.jpg
katak dalam tempurung01.jpg
Katakpun Say.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Keloloten(1).htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Hypokendria | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Kemerdekaan Memprihatinkan.htm
Kemurkaan Tuhan.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Ki Amat Memilih Presiden(2).htm
Ki Amat Memilih Presiden(3).htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Kiamat Bin.htm
Kiamat Kecil.htm
Kiamat Sudah Dekat.htm
Kirim Ke Teman | Renungan Orang Islam
Klub Nudis.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Koplo Koplo.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Kuda Atau Katak.htm
Kuda Lumping.htm
Kumpul Kebo(1).htm
Kunci Keberhasilan.htm
Kuncinya Disiplin | Renungan Orang Islam
Kutu Kupret.htm
La Cosa Nostra.htm
La Vita.htm
Langit Sap Pitu.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Lelucon Russia(1).htm
lenin(2).jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Levels of Mind.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
lili marleen rose.jpg
Lilli Marleen.htm
little big horn.gif
Love Is About Decision.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Lubang Sempit Hanya Untuk Orang Kaya.htm
Dear Agus, | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Makan Paku.htm
Mana Yang Tiruan.htm
Mandi Bugil.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Yayangku Sakit Apa.htm
You Only Live Once.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Manusia Dolly.htm
Manusia Global(1).htm
Manusia Global(2).htm
Manusia Global.htm
Manusia Normal.htm
Manusia Pinokio.htm
Manusia Terjebak.htm
Manusia Wayang.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Pendulum | Renungan Orang Islam
materialism.jpg
Mati Pelan Pelan(1).htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Mati Pelan Pelan(3).htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Memaksakan Kehendak.htm
Membaca Mandiri.htm
Memberantas Kemiskinan.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Mencari Popularitas.htm
Mendadak Miskin.htm
mendambakan good.jpg
Hypokendria | Renungan Orang Islam
Mens Sana In Corpore Sano(1).htm
Mens Sana In Corpore Sano(2).htm
mens sana(1) baik.jpg
mens sana(2) good.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Merem Melek.htm
merem melek.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Meskipun.htm
Mind Power.htm
Mind Your Mind.htm
mind your mind.jpg
misty.jpg
Mlaku Mlaku.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Mobil-Ku.htm
Mona Lisa.htm
monalisa.jpg
Money Money Money.htm
money money.html
Swara.Net | Renungan Orang Islam
monument valley.jpg
monument valley2.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
mortal kombat small.jpg
Mortal Kombat.htm
mortgage kecil.jpg
mortgage02.jpg
mortgage04.jpg
mortgage05.jpg
Mr Bean.htm
mt rushmore.jpg
Multiple Myeloma.htm
multiple myeloma01.jpg
multiple myeloma02.jpg
multiple myeloma03.jpg
myth of ageless(2).jpg
myth of ageless.jpg
Naakte Gymzaal.htm
naakte gymzaal.jpg
Nanti Kebacut.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Negative Gearing.htm
Negeri Bosenan.htm
Negeri Calo.htm
Negeri Iya.htm
negeri pinokio.gif
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Negeri.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Nembak Terrorist Dapatnya Tourist.htm
Ngemplang Utang.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Nimbang Bugilan.htm
Nishiki-Ku.htm
nishiki-ku.jpg
no arms no legs.jpg
No Arms, No Legs, No Worries.htm
No Place Like Home.htm
Nomer Fibonacci.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
nude dan naked kecil.jpg
nude dan naked(2).jpg
Nude Dan Naked.htm
nude dan naked02.jpg
oakley sunglasses.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Oh Cinta (2).htm
oh cinta(2).jpg
Oh Guritaku.htm
Oh Investor...Kemana Engkau Terbang.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Oh Lapindo.htm
Oh Perempuan.htm
oh perempuan01 kecil.jpg
oh perempuan02.jpg
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Oh...Keadilan(1).htm
Oh...Keadilan(2).htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Onta Masuk.htm
Orang Kaya.htm
orang wealthy dua.jpg
orang wealthy satu.jpg
Orang Wealthy.htm
ossuary01.jpg
ossuary02.jpg
ossuary03.jpg
ossuary04.jpg
ossuary05.jpg
ossuary06.jpg
ossuary07.jpg
Pak Ogah.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Paradox.htm
parallel universes.jpg
Pasar Granit.htm
paskah(2) small.jpg
Paskah(2).htm
Paskah(3).htm
Paskah.htm
Pathing Tlalang.htm
Patung Lenin.htm
Pegawai Negeri Di Australia.htm
pegawai negeri.jpg
pelican mana yg asli.jpg
Pelupa.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Pemimpin Elusif.htm
Pemimpin Kharisma.htm
Pendulum | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Penemuan Kuburan Jesus Dan Archeo-pornografi.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Penjual Tempe Karangayu.htm
penjual tempe karangayu.jpg
Penjual Tempe Melbourne.htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 1).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 2).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 3).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 4).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 5).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 6).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 7).htm
Peran Tionghoa Indonesia (Part 8-habis).htm
peran tionghoa02.jpg
peran tionghoa03.jpg
peran tionghoa04.jpg
peran tionghoa05 kecil.jpg
peran tionghoa05.jpg
peran tionghoa06 kecil.jpg
peran tionghoa06.jpg
peran tionghoa07 kecil.jpg
peran tionghoa07.jpg
peran tionghoa08.jpg
peran tionghoa2.jpg
Percaturan.htm
Another World Is Possible | Renungan Orang Islam
Perjalanan Kami Di Russia(1).htm
Perjalanan Kami Di Russia(2).htm
Perjalanan Kami Di Russia(3).htm
Perjalanan Kami Di Russia(4-habis).htm
perjalanan kami ke russia(1) kecil.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Pendulum | Renungan Orang Islam
petilasan santo paulus01.jpg
petilasan santo paulus02.jpg
petilasan santo paulus03.jpg
petilasan santo paulus04.jpg
petilasan santo paulus05.jpg
Phantom Emosi.htm
Pilotnya Harus Dituntut.htm
pilotnya harus dituntut.jpg
Pinokio.htm
Piring Gede.htm
play well with yourself  kecil.jpg
Play Well With Yourself.htm
Polisi Agente.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
postdam conference baik.jpg
postdam-Berlin v small.jpg
Prakwalifikasi Calon.htm
Pramoedya Ananta Toer.htm
pramoedya ananta toer.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Prosperity Consciousness.htm
Quando Quando | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
rael.gif
Swara.Net | Renungan Orang Islam
rasputin.jpg
Regional Chemotherapy.htm
regional chemotherapy.jpg
Reuni Yukkk.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Sakit Sakiiiit.htm
sakit sakit  small.jpg
Sakura Dari Mata Saya.htm
sakura dari mata.jpg
January | Renungan Orang Islam
Sampah Manusia.htm
Sapi-Ku.htm
SARS Bukan Penyakit Baru.htm
sars.jpg
Sate Kambing Ala Saputra.htm
sate kambing.jpg
Satu Lagi.htm
Sayangilah Binatang.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Seeker Believer And Achiever(1).htm
seeker believer dan achiever01.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Sekali Merdeka Tetap Merdeka | Renungan Orang Islam
Sekuntum Bunga.htm
Sekwilda.htm
Self Sufficiency.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
senja.jpg
Sense Connection.htm
Sense Of  Belonging.htm
sense of belonging.jpg
Sepak Terjang Kuda Troyan.htm
sepak terjang kuda troyan.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Setangkai Mawar.htm
shanghai01 kecil.jpg
Shopping Lewat Internet.htm
shopping lewat internet.jpg
Si Bijak.htm
Si Genius.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Siapa Aku.htm
siapa aku.jpg
Siapa Yang Benar.htm
Silent Cry.htm
silent cry.jpg
silent cry02.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
sipenembak.jpg
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Soto Pak Salam.htm
soto pak salam.jpg
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Pendulum | Renungan Orang Islam
strength.jpg
Suap Menyuap | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Summary Agama | Renungan Orang Islam
Tak Jadi Jengkel | Renungan Orang Islam
tape ketela goji.jpg
Tape Ketela.htm
tape ketela.jpg
Telur Atau Ayam.htm
telur atau ayam.jpg
temperance.jpg
Tenggelamnya Titanic.htm
Hypokendria | Renungan Orang Islam
terperangkap.jpg
Thank You.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
The Celestine.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
The Journey Of Man.htm
the journey of man.jpg
The Lord of the Rings | Renungan Orang Islam
the moon.jpg
The Myth Of Ageless(1).htm
The Myth Of Ageless(2).htm
The Myth Of Ageless(3).htm
The Myth Of Ageless(4).htm
The Myth Of Ageless(5).htm
The Myth Of Ageless(6).htm
The Myth Of Ageless(7).htm
The Passion of the Christ.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
The Swing.htm
the tower.jpg
The Truth Behind The Da Vinci Code(1).htm
The Truth Behind The Da Vinci Code(2).htm
The Truth Behind The Da Vinci Code(3).htm
The Truth Behind The Da Vinci Code(4).htm
The Truth Behind The Da Vinci Code(5-end).htm
The Untouchables.htm
The X-files.htm
Theism, Atheism Dan Agnosticism.htm
There Is No Such Thing As A Free Lunch.htm
Tidak Mau Jadi Kaya.htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Tiga Orang.htm
Tiga Serangkai.htm
Time Is Money.htm
Tom Sawyer.htm
Tomorrow Never Dies | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Trinitarian Thinking.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
Tsunami Ekonomi Indonesia.htm
Tua Sejak Muda.htm
Tukang Tembak.htm
Uang,Siapa.htm
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Swara.Net | Renungan Orang Islam
Ulee Lheu Di Kotaradja(3-habis).htm
KPK, Komisi Pemberantasan Kacoa | Renungan Orang Islam
Wat een land. Nederland!.htm
What Dreams.htm
Banyak bekerja dan banyak bicara | Renungan Orang Islam
 

Kumpulan Artikel Renungan Orang Islam